Sabtu, 23 Januari 2016

LATIHAN TRY OUT PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN



SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Tingkat                  :  III ( Tiga )
Kelompok             :  Administrasi Perkantoran
Waktu                   :  120 menit


PETUNJUK  UMUM

1.    Isikan identitas Anda ke dalam lembar jawaban komputer (LJK) yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai dengan petunjuk di lembar jawaban komputer (LJK).
2.    Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
3.    Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
4.    Laporan kepada pengawas  ujian ap atau tidak apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap.
5.    Mintalah kertas buram kepada pengawas latihan ujian nasional apabila diperlukan.
6.    Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
7.    Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas latihan ujian nasional.
8.    Lembar jawab tidak boleh dicorat-coret, difotokopi atau digandakan.

*SELAMAT BEKERJA*


PETUNJUK KHUSUS

Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap benar, kemudian hitamkan dengan pensil 2B bulatan huruf di depan opsion jawaban benar di lembar jawaban komputer (LJK)

1.        Proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik langsung secara lisan maupun tak langsung melalui media adalah pengertian komunikasi menurut ……….
A.    Murphy                                                 
B.     Prof. Drs. Onong Uchjana, MA.          
C.     The Liang Gie
D.    Harwood
E.     Drs. Ignatius Wursanto

2.        Salah satu cara yang dilakukan pada prinsip motivasi dalam komunikasi adalah ………
A.       menghargai si pendengar
B.       memberi contoh hal-hal yang aneh
C.       membicarakan hal-hal yang lucu
D.       membicarakan hal-hal yang sesuai kebutuhan
E.        semua salah

3.        Kecenderungan pimpinan dalam mengambil sikap yang mengevaluasi tanpa mengumpulkan data yang lengkap sebelum berkomunikasi dengan orang yang dibicarakan adalah kendala komunikasi ………..
A.       protectiveness                                      
B.       insufficient time                                  
C.       tendency to evaluate
D.       defensiveness
E.        mismatched expectations

4.        Prosedur pengiriman berita menyangkut sarana dan media yang dipakai dalam mengirim berita atau pesan disebut…………
A.       transmits                                              
B.       messages                                              
C.       respon
D.       komunikator
E.        komunikan

5.        Contoh media komunikasi yang dapat dilihat dan didengar adalah …
       A.   telepon
       B.    radio
       C.    televisi
       D.   surat
       E.    gambar

6.        Cara berbicara dengan menggunakan gerak anggota badan seperti, menggeleng kepala atau menganggukkan kepala disebut……….
A.       gaya berbicara dengan kata
B.    gaya berbicara dengan bahasa
C.    gaya berbicara dengan mimik
D.   gaya berbicara dengan pantomimik
E.    gaya berbicara dengan gerak campuran

7.        Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi harapan atau melebihi harapan merupakan pengertian menurut ……………
A.       Goestch dan Davis  
B.       Vincent Gespersz     
C.       Martin
D.       Garvin
E.        W.A. Shewhart

8.        Kepuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan dan kebutuhan dengan produk yang dirasakan setelah mereka menggunakannya adalah pengertian menurut ………..
A.       Tse dan Wilton                                    
B.       Wikie                                                   
C.       Goetsch dan Davis
D.       Engel
E.        Kotler

9.        Yang bukan merupakan cara penanganan keluhan pelanggan adalah …………
A.       bersikap empati terhadap pelanggan yang kecewa  
B.       kecepatan dalam penanganan keluhan
C.       kumudahan bagi pelanggan untuk menghubungi perusahaan
D.       pengukuran keluhan
E.        kewajaran atau keadilan dalam memecahkan masalah keluhan       

10. Manfaat bekerja dalam tim bagi organisasi adalah………
A.    memperoleh balas jasa dan penghargaan
B.     sebagai media aktualisasi diri
C.     dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya
D.    beban akibat pekerjaan akan berkurang
E.     meningkatkan kualitas kerja

11.    Jika pada waktu menerima telepon kita sedang kesal, maka ….
A.    tidak perlu mengangkat telepon
B.     jawab seadanya panggilan tersebut
C.     perlihatkan kekesalan agar  segera menyelesaikan pembicaraan
D.    jawab panggilan telepon dengan cepat dan singkat
E.     jangan perlihatkan kekesalan kita

12.    Bila menerima telepon ancaman yang sekedar iseng, yang harus dilakukan ….
A.    jangan ditanggapi
B.     bersikap tenang dan tidak panic
C.     laporkan ke pimpinan
D.    berpikir logis dan jernih
E.     laporkan kepada yang berwajib

13.    Seorang karyawan harus trampil menggunakan pesawat telepon agar dapat ….
A.    Berkomunikasi dua arah
B.     Berkomunikasi secara efektif
C.     Melancarkan tugas pekerjaan kantor
D.    Cepat dan tanggap menerima panggilan telepon
E.     Terlatih menggunakan pesawat telepon

14.    Bila telepon berdering segera angkat gagang telepon sebelum berbunyi ….
A.    1 kali
B.     2 kali
C.     3 kali
D.    4 kali
E.     5 kali

15.    Kemampuan mesin harus dipertimbangkan sebaik-baiknya terutama mengenai mutu, daya tahan serta kemungkinan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan. Faktor pertimbangan dalam memilih mesin ini disebut ….
A.    Fleksibelitas penggunaan
B.     Kapasitas mesin
C.     Nilai keindahan
D.    Preferensi karyawan
E.     Mutu pekerjaan

16.    Ciri-ciri surat bentuk official / resmi gaya lama terletak pada penulisan alamat surat yang diletakkan di bagian ….
A.       kiri atas sesudah perihal surat
B.       kiri atas sebelum perihal surat
C.       kanan atas di bawah tanggal surat
D.       kanan atas di atas tanggal surat
E.        di tengah menjadi judul surat          

                                                                                                                       
17.    Sehubungan dengan hal tersebut ,  kami harap Saudara dapat memberikan kepada kami daftar harga ‘arloji impor eks- Swiss atau Jepang” yang ada dalam persediaan Saudara.  Kalimat tersebut merupakan bagian dari isi surat ….
A.    Penawaran
B.     Permintaan Penawaran
C.     Pesanan
D.    Pengiriman Barang
E.     Pengaduan

18.    Jenis surat dinas dapat diketahui sifatnya yaitu rutin/biasa, penting maupun rahasia dengan cara meneliti….
A.     cara pengiriman dan stempel posnya
B.     jenis amplopnya
C.     kertas suratnya
D.     nama pengirimnya
E.      alamat pengirimnya

19.    Jenis  surat yang berisi dokumen penting yang bila diketahui oleh orang yang tidak berhak dapat merugikan organisasi dan biasanya dikirim dengan menggunakan sampul ganda (double) adalah surat….
A.        rahasia
B.        penting
C.        pribadi
D.        niaga
E.         izin

20.    Bagian yang bertugas menentukan pejabat yang harus mengerjakan atau mengetahui isi surat yaitu bagian….
A.  penyortiran
B.   agendaris
C.   pengarahan
D.  arsiparis
E.   penerimaan surat

21.    Surat dimana pada sampulnya tertulis nama orang yang dituju bukan hanya nama jabatannya, hanya boleh dibuka oleh….
A.       Pimpinan
B.       Sekretaris
C.       Bagian kearsipan
D.       Orang yang dituju
E.        Pucuk pimpinan

22.    Prosedur pengurusan surat penting dalam pola baru kearsipan menggunakan….
A.  Buku agenda
B.   System agenda
C.   Lembar disposisi
D.  Kartu kendali
E.   Lembar pengantar surat

23.    Jika akan mengirimkan dokumen misalnya ijazah, dengan menggunakan jasa pos, maka sebaiknya dikirimkan dengan menggunakan jenis pengiriman….
A.       Kilat
B.       Kilat khusus
C.       Kilat tercatat/terdaftar
D.       Biasa
E.        Kilat biasa
24.    Buku catatan yang menunjukkan bukti dalam penyampaian surat antar unit dalam suatu organisasi yaitu buku….
A.    ekspedisi ekstern
B.     register
C.     arsip
D.    agenda
E.     ekspedisi intern

25.    Alat yang berfungsi sebagai pembatas atau penyekat maupun sebagai penyangga map yang terbuat dari karton tebal dengan ukuran tertentu yang memuat kode pada tabnya, yaitu ….
A.    Guide card
B.     Out slip
C.     Out folder
D.    Kartu kendali
E.     Folder

26.    Arsip dinamis aktif yang sudah mengalami penurunan pemakaiannya sehingga menjadi arsip dinamis in aktif, pengelolaannya akan diserahkan kepada ….
A.    Unit pengolah
B.     Unit kearsipan
C.     Bagian penyortir
D.    Bagian penerimaan surat
E.     Agendaris

27.    Sebuah surat tertanggal 22 November 2009. Jika disimpan menggunakan sistem tanggal, maka surat tersebut akan disimpan pada ….
A.    laci 2009, di belakang guide November, map nomor22
B.     laci November, di belakang guide 2009, map nomor 22
C.     laci 22, di belakang guide November, map 2009
D.    laci 2009, di belakan guide 22, map November
E.     laci 22, di belakang guide 2009, map November

28.    Mempunyai tujuan untuk mewujudkan kepastian dan ketertiban serta keakuratan penyusutan arsip merupakan tujuan dari adanya ….
A.    Jadwal retensi arsip
B.     Lembar disposisi
C.     Buku agenda
D.    Kartu kedali
E.     Jadwal penyusutan

29.    Sistem penyimpanan yang berdasarkan pada pokok soal atau masalah surat, yaitu ….
A.    Alfabetik filing system
B.     Chronological filing system
C.     Subjectic filing system
D.    Numeric filing system
E.     Geographic filing system

30.    Salah satu perangkat lunak komputer berikut ini adalah :
A.  Monitor
B.   CPU
C.   Mouse
D.  SO Windows
E.   Scaner


31.    Open  dalam mengakses nama file berarti  !
A.  Melakukan pengamanan file/dokumen
B.   Membuka file/dokumen
C.   Menabung file/dokumen
D.  Menyembunyikan file/dokumen
E.   Menyimpan file/dokumen

32.  Program aplikasi yang paling tepat digunakan dibagian keuangan yang berhubungan dengan angka-angka adalah ........
A.       Lotus                                    
B.       Word Processing
C.       Spreadsheet                                     
D.       Microsoft Access
E.        Microsoft Power Point

33.    Mesin yang mampu mengirim informasi atau dokumen ke berbagai tempat dalam waktu yang relatif singkat …
A.       Facsimile
B.       Telex
C.       Telephone                                        
D.       Telephone answering machine
E.        Loudspeaking telephone

34.    Fasilitas dalam Microsoft Word yang digunakan untuk mencari kata dengan cepat adalah :
A.       Go to
B.       Mail Merge                                      
C.       Replace
D.       Find 
E.        Clear
                                        
35.    Save dalam istilah komputer berarti  !
A.    Melakukan pengamanan file/dokumen
B.     Membuka file/dokumen
C.     Menabung file/dokumen
D.    Menyembunyikan file/dokumen
E.     Menyimpan file/dokumen

36.    Suatu penugasan jangka waktu lama yang melebihi 30 hari kalender namun tidak melebihi waktu 6 bulan adalah ….
A.    Peninjauan
B.     Pembicaraan
C.     Detasering
D.    Pemeriksaan
E.     Pemasaran

37.    Suatu kartu yang berisi keterangan bahwa pemegang kartu tersebut dinyatakan sehat (tidak mengidap penyakit) disebut ….
A.    Paspor
B.     Visa
C.     Fiscal
D.    Yellow Card
E.     Reservation Card

38.    Perhitungan atau pemberitahuan yang dikirim oleh suatu perusahaan (pembeli) badan usaha kepada pelanggannya (penjual) bahwa dari transaksi sebelumnya telah didebit dengan jumlah tertentu karena barang yang dibeli rusak atau tidak sesuai dengan pesanan disebut ……….
A.       faktur                       
B.       kuitansi                    
C.       nota debit
D.       nota kredit
E.        betul semua

39.    Pembukuan yang mencatat perkiraan-perkiraan yang didebit dan perkiraan-perkiraan yang dikredit dari semua transaksi keuangan perusahaan secara kronologis disebut…………
A.    neraca            
B.       jurnal            
C.       buku besar
D.       rugi laba
E.        neraca saldo

40.    Berikut ini yang merupakan jenis mesin pengganda yang memerlukan kertas stensil dalam pengoperasiannya, yaitu mesin ….
A.    fotokopi
B.     risograph
C.     offset
D.    stensil
E.     tulis/ tik




*Selesai*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar