Kamis, 24 Januari 2013

SMP NEGERI 2 AMBARAWA




            SMP Negeri 2 Ambarawa berdiri pada tanah seluas 7.926 m2 dengan luas bangunan 4.340 m2 yang terletak di Jl.Kartini No.1A Ambarawa, Kec.Ambarawa, Kab.Semarang, Prov.Jawa Tengah.

Adapun letak geografis sekolah ini sebagai berikut :
*      Sebelah Utara berbatasan dengan SD Negeri Sudirman Ambarawa
*      Sebelah Timur berbatasan dengan RSUD Ambarawa dan TK Teladan Ambarawa
*      Sebelah  Selatan berbatasan dengan Yonkav 2 Serbu/Tank Ambarawa
*      Sebelah barat berbatasan dengan Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman Ambarawa


SEJARAH BERDIRINYA

Pada akhir th 1976, kota Ambarawa belum terdapat satupun SMP yang berstatus negeri, yang berstatus hanyalah STN dan SKN. Disamping itu sudah ada SMP persiapan Negara Ambarwa. Pada th 1976  SMP N 1 Ungaran mendapat droping 12 lokal yang tidak  mungkin di Ungara, maka atas petunjuk Bupati KDH Semarang dan persetujuan Dandim 411 Salatiga maka bangunan itu diletakkan di samping Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman Ambarawa. Maka pd th 1977 SMP N 1 Ungaran filial Ambarawa menrima 4 kelas. Saat itu terjadilah salah persepsi dari SMP Persiapan Negara Ambarawa dikira bangunan baru itu untuk SMP Persiapan Negara Ambarawa sehingga SMP Persiapan Negara Ambarawa tidak menerima siswa baru. Akhirnya terjadi proses dari wali murid SMP Persiapan Negara Ambarawa di Pendopo Kawedanan Ambarawa yang dihadiri Kepala Bidang Dikmenum Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu Drs. Sudarsono yang akhirnya SMP Persiapan Negara Ambarawa di intregrasikan ke SMP Negeri 1 Ungaran Filial Ambarawa sekaligus gedung baru SMP N 1 Ungaran Filial Ambarawa.

Tanggal 7 Juni 1997 pemerintah departemen pendidikan memberikan tambahan 4 lokal lengkap dengan mebeler dan listrik . Tgl 13 Juni 1997 terjadi pemboyongan sesiwa kelas II dan III SMP Persiapan Negara Ambarawa ke gedung baru SMP Negeri 1 Ungaran Filial Ambarawa di jalan Kartini 1A Ambarawa.

Akhirnya tgl 23 Oktober 1981 diresmikan sekolah filial SMP N 1 Ungaran Kecamatan Ambarawa menjadi SMP Negeri 2 Ambarawa, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Pada th 1982 lahirlah lulusan pertama.

TENTANG SMP NEGERI 2 AMBARAWA

SMP N 2 Ambarawa semakin maju hingga kini. Fasilitas dan pembangunan terus ditingkatkan. Baik pembangunan dalam bangunan maupun prestasi.
SMP Negeri 2 Ambarawa seringkali menjuarai beberapa kompetisi. Pada tahun 2012, juara OSN Matematika tingkat Kab.Semarang,  juara OSN IPS tingkat Kab.Semarang, juara paskibra, juara pramuka, juara LCC, mendapat medali perunggu untuk bulu tangkis, pidato bahasa Jawa, OSN matematika, Menyanyi solo pria, catur; dan masih banyak lagi...... :D.
Juga melaksanakan kegiatan-kegiatan diluar sekolah seperti LDK OSIS dan pramuka di Solo; belajar bahasa Inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur; latihan PMR bersama sekolah-sekolah lain di lingkungan Ambarawa, dll.



Senior Pramuka


Pentas Seni
Pramuka kelas VII

Kurban Idhul Adha

Persiapan belajar English menuju Pare, Kediri





Tidak ada komentar:

Posting Komentar